09 Mei 2009

Upacara Bendera Setiap Hari Senin


Di sekolah saya (SD Ign. Slamet Riyadi) diadakan upacara bendera tiap hari Senin. Tujuan upacara ini adalah membentuk karakter anak agar anak disiplin - mengenakan seragam lengkap, datang tidak terlambat, singkap sempurna pada Baris Berbaris, dan tentu saja menanamkan jiwa patriotisme dengan penghormatan bendera, pengulangan pembacaan Pancasila, mendengarkan pembacaan UUD 1945, menyanyikan lagu-lagu nasional.

Upacara ini biasanya berlangsung dari pukul 07.00 s/d 07. 35. Biasanya ada saja (satu/dua) anak yang harus istirahat di ruang UKS karena tidak tahan dengan berdiri lama.

Sebetulnya saya dalam posisi setuju dan tidak setuju.

Untuk anak usia SD memang gaya belajar mereka dengan cara learning by doing. Artinya tumbuhnya sikap cinta tanah air tidak bisa hanya melalui membaca buku atau nonton film. tumbuhnya sikap cinta tanah air harus melalui suatu pengalaman/perbuatan.

Upacara bendera adalah salah satu bentuk pembiasaan agar nilai-nilai patriotisme dan kedisiplinan diri terbentuk.

Namun ada hal yang menganjal dalam diri saya. Jujur saja kalau anak ditanya pilih upacara atau tidak upacara, mereka akan senang sekali seandainya tidak ada upacara. Inipun tidak hanya terjadi pada murid saja tapi juga pada diri para pendidik (guru). Mengapa?

Karena proses upacara yang agak panjang dalam posisi badan berdiri membuat badan capek dan letih. Hal ini membuat perasaan tidak nyaman. Apakah anak dalam kondisi ini dapat melakukan proses internalisasi? Hal ini saya ragukan.

Solusi

Upacara sebenarnya bisa dibuat menarik dan singkat. Amanat pembina upacara harusnya dibatasi hanya 3 menit. Seandainya upacara bendera bisa dipersingkat (misal 15 menit saja), maka anak-anak tidak akan lelah secara fisik.

Peserta upacara di sekolah kami dimulai dari kelas 1 s/d kelas 6. Sudahkah anak kelas 1 SD mengerti akan makna Upacara? Harus dimulai dari kelas berapakah?

Membuat Upacara Bendera menarik bisa dari iringan lagu-lagu nasional, PBB untuk pengibar bendera, pembacaan puisi perjuangan dsb.

Foto di atas adalah foto saya sebagai Paskibra (paling kiri terlihat di foto) pada Upacara Bendera HUT RI Ke-64. Dalam upacara ini seluruh petugas adalah para guru dengan tujuan memberi motivasi dan teladan kepada murid.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar