08 Mei 2009

Pembelajaran Berbasis Proyek

Pembelajaran ini menerapkan pembelajaran integrated learning model. Cuma tambahannya anak-anak harus mempunyai satu proyek (satu topik bahasan yang penulisannya pada sebuah produk, misalnya power point, poster, news letter, dan lain-lain, dan produk itu nantinya akan dipresentasikan).

Adapun langkah-langkah Pembelajaran sebagai berikut:

1. Memaparkan judul/topik proyek yang akan dibahas

Judul ini adalah suatu tema yang menarik dan kontekstual, yang didalamnya akan didalami dengan multidisipliner dalam satu kurikulum pertingkat jenjang kelas.

misal:

Judul Proyek - Menjelajah Keberanekaragaman Negara Indonesia. Tentukan permasalahannya dengan pertanyaan dasar untuk seluruh design dari proyek ini. Misal -Keberagaman Indonesia akankah semakin mempersatukan atau memecah belah?

2. Tinjau proyek dari berbagai kompetensi dasar yang hendak dicapai.

Lihat kurikulum. Pelajaran apa saja yang bisa diintegrasikan. Ambil KD dan Indikatornya. Misal Pelajaran Agama menyoroti agama-agama di Indonesia: rumah ibadat, hari-haribesar, peraturan-peraturannya dll., usaha untuk membina kerukunan hidup umat beriman (ada di kurikulum semester 2).

Pelajaran IPS menyoroti keberagaman suku dan budaya Indonesia (semester 2)

Pel. PKn memaparkan pentingnya keutuhan bangsa Indonesia)

Pel. Ipa tentang penampakan alam dan peristiwa alam yang ada di Indonesia, perilaku
manusia yang mempengaruhi peristiwa alam. Usaha manusia untuk menjaga kelestarian
alam.

Pel. Matematika mencari prosentasi jumlah penduduk, jumlah pemeluk agama, data luas
wilayah, dll.

Pelajaran Indonesia dipakai untuk membuat laporan setelah melakukan pengamatan (semester 2)

3. Bagi siswa ke dalam kelompok kecil (maksimal per kelompok 5 orang)

4. Minta mereka untuk mencari data/bahan presentasi di berbagai sumber, misal buku,
internet, majalah, wawancara dengan orang, dll.

5. Buat rubrik penilaiannya untuk tiap matapelajaran yang diintegrasikannya. Rubrik ini dibuat oleh guru bidang studi yang diintegrasikan dalam proyek.

6. Kelompok akan menyusun laporannya di power point. Dalam hal ini siswa dalam kelompok
akan menerapkan metode inquery, mereka akan saling berdiskusi menjawab pertanyaan dasar. Di akhir presentasi dalam produk dicantumkan sebuah kesimpulan jawaban pertanyaan dasar setelah dilihat dari berbagai multidisiplin.
Guru bidang studi yang diintegrasikan berfungsi sebagai fasilitator, membantu kelompok bila
kelompok menemui kesulitan.

7. Buat deadline waktu pengerjaannya. Kapan dimulai, kapan presentasi.

8. Presentasi produk. Penilaian berdasarkan rubrik yang telah disepakati oleh siswa.

2 komentar:

  1. wow... bagus Pak!
    ayo yang lain nyusul... :)

    BalasHapus
  2. kedelapan point tersebut berdasarkan apa pak, makasih infonya?

    BalasHapus